Kamis, 08 November 2012

soal dan jawaban mid semester



SOAL MID SEMESTER KIMIA BAHAN ALAM             NIM    : RRAICI09009
NAMA            : RIANA ANJANI                                                     TGL    : 08/11/2012
DOSEN          : Dr. Syamsurizal
SOAL
1.  Jelaskan bagaimana hubungan struktur dan kereaktifan beberapa senyawa yang anda kenal terhadap suatu penyakit tertentu!
2.  Uraikanlah dan berikan contoh dimana letak peran penting suatu metabolit sekunder dalam suatu tumbuh-tumbuhan.
3.  Kemukakan gagasan anda, bagaimana idenya suatu senyawa bisa diisolasi dan purifikasi.
4.  Kemukakan bagaimana idenya suatu senyawa bahan alam dapat diketahui alur biosintesisnya.

JAWABAN
1.      Struktur dan kereaktifan beberapa senyawa flavonoid yaitu :isovlaponoid dalam mencegah kanker payudara.

                    isoflavonoid       
Dari struktur diatas dua cincin benzena merupakan cincin yang memiliki kereaktifan yang tinggi.dari struktur diatas terdapat senyawa isoflavanoid pada bawang putih. Antioksidan - fitokimia Kebanyakan memiliki aktivitas antioksidan dan melindungi sel-sel kita terhadap kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko mengembangkan beberapa jenis kanker. Fitokimia dengan aktivitas antioksidan.
2.    Tanaman obat merupakan salah satu sumber bahan baku obat. Sebagian besar komponen     kimia yang berasal dari tamanan yang digunakan sebagai obat atau bahan obat adalah merupakan metobolit sekunder.dimana senyawa tersebut bisa terletak pada buah,akar dan juga daun,tapi khusus pada bawang putih(umbi).  Efek anti bakteri - The allicin fitokimia dari bawang putih memiliki sifat anti-bakteri.
Aksi hormon - Isoflavon, ditemukan dalam kedelai, meniru estrogen manusia dan membantu mengurangi gejala menopause dan osteoporosis.Interferensi dengan replikasi DNA - Saponin ditemukan dalam kacang mengganggu replikasi DNA sel, sehingga mencegah perbanyakan sel-sel kanker. Capsaicin, ditemukan dalam cabai, melindungi DNA dari karsinogen.
3.    Ide dalam suatu senyawa bisa diisolasi dan dipurifikasi berdasarkan penelitian: Flavonoid merupakan salah satu dari sekian banyak senyawa metabolit sekunder yang dihasilkan oleh suatu tanaman, yang bisa dijumpai pada bagian daun, akar, kayu, kulit, tepung sari, bunga dan biji. Secara kimia, flavonoid mengandung cincin aromatik tersusun dari 15 atom karbon dengan inti
dasar tersusun dalam konjugasi C6-C3-C6 (dua inti aromatik terhubung dengan 3 atom karbon) (10, 11). Keberadaan cincin aromatik menyebabkan pitanya terserap kuat pada daerah panjang UV-vis.

Kromatografi kertas yang dilakukan menghasilkan 5 buah pita yang terpisah secara jelas yang memberikan flouresensi yang berbeda-beda di bawah lampu UV dan sinar tampak 366 nm dengan bantuan uap amoniak. Dari warna-warna yang timbul di dapat petunjuk kemungkinan-kemungkinan flavonoid yang terdapat masing-masing pita berdasarkan literature.

Untuk uji flavanoid, pada praktikum ini dilakukan tiga uji yaitu menggunakan H2SO4, NaOH, dan HCl+Mg. penggunaan H2SO4 untuk uji flavanoid, akan memberikan warna merah jika ekstrak menagndung flavonoid. Sementara untuk NaOH kita akan mendapatkan warna kuning jika ekstrak mengandung falvonoid. Sedangkan untuk penggunaan HCl+Mg maka akan memberikan warna merah.
Penggunaan H2SO4  ketiga herbal tidak memberikan warna merah, hal ini berarti bahwa ketiga herbal tersebut tidak mengandung flavanoid. Sementara untuk NaOH, daun seledri menunjukan positif 3 sedangkan buah cabe menunjukan positif 1. Ketiga pereaksi memiliki reaksi yang spesifik untuk jenis flavonoid tertentu. Jika ekstrak tidak menunjukan hasil positif pada salah satu pereaksi flavonoid, berarti jenis dari flavonoid yang terkandung dalam ekstrak   tersebut tidak memberi efek pada pereaksi tersebut.
4.        Dapat mengetahui alur biosistesis suatu bahan alam yaitu :
a.       Dengan mencari terlebih dahulu senyawa apa yang akan diisolasiuntuk mensistesis suatu senyawa tersebut.
b.       Ditentukan atau dicari  struktur kimia dari senyawa yang akan diisolasi,dan kereaktifan pada struktur senyawa tersebut agar kita bisa lebih mengetahui dengan zat apa saja senyawa tersebut bisa bereaksi atau tidak sama sekali.
c.       Sifat  kimia dan fungsi biologis senyawa alam meliputi aspek farmakologi dan biokimia.
d.      Ditentukan ektraksi yang tepat dan  dengan pelarut yang cocok dalam ekstraksi.
e.       selanjutnya didayagunakan sebagai bahan obat seperti morfin sebagai obat nyeri, kuinin sebagai obat malaria, reserpin sebagai obat penyakit tekanan darah tinggi dan vinkristin serta vinblastin sebagai obat kanker



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar